Kamis, 08 Desember 2016

Runglingkup teknologi imformasi dean peranannya pada ilmu pengerhuan

Runglingkup teknologi imformasi dean peranannya pada ilmu pengerhuan
            Secara umum, teknologi adalah suatu pengembangan dari aplikasi atau alat, baik berupa mesin, material hingga proses yang membantu manusia dalam mengerjakan beberapa pekerjaan dan menyelesaikan masalah.
Sedangkan informasi secara umum adalah hasil dari proses atau manipulasi yang memiliki nilai pengetahua bagi para pengguna.
Jadi secara umum teknologi informasi adalah teknologi yang bermanfaat untuk mengolah data, memproses, menyusun, mengatur, mendapatkan dan menyelesaikan manipulasi data yang menghasilkan informasi berkualitas dan akurat.
Menurut para ahli
Menurut ahli Haag & Keen, teknologi informasi adalah sebuah perangkat alat yang mampu membantu pekerjaan manusia dengan informasi dan melakukan beberapa pekerjaan yang berhubungan dengan proses informasi.
Lucas, pun berpendapat bahwa teknologi informasi adalah segala bentuk teknologi yang bisa diterapkan untuk mengirimkan sebuah informasi melalui media elektronik.
Teknologi dan informasi memiliki banyak manfaat untuk kehidupan di era digital seperti sekarang ini, dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi, kita bisa mengerjakan banyak hal dalam hitungan menit. Teknologi informasi benar-benar bisa membantu Anda dalam melakukan pekerjaan dan menyelesaikannya lebih efektif dan efisien. Gunakan teknologi dan informasi dengan baik dan benar.
Peranan Komputer pada Pendidikan
 
 perangkat elektronik yang kompleks dan memiliki banyak keuntungan termasuk pada pendidikan Komputer ditemukan cocok untuk digunakan sebagai alat untuk membantu guru atau dosen dalam proses pengajaran, serta membantu siswa melakukan pekerjaan itu, karena komputer mampu menerima dan pengolahan data dll Peran komputer dalam pendidikan yaitu :
Sebagai alat presentasi 
dengan bantuan proyektor portabel komputer sekarang dapat digunakan sebagai alat untuk menyajikan ide atau gagasan, yang banyak digunakan dalam pertemuan konstruksi dan juga mahasiswa yang mempresentasikan hasil penelitian mereka.

Sebagai pengganti mesin ketik 
Sekitar tahun delapan puluhan untuk sembilan puluhan mesin tik masih menjadi andalan dalam menulis laporan atau menulis buku, tapi sekitar akhir tahun sembilan puluhan sampai sekarang diganti dengan komputer dikenal lebih sederhana dan lebih efektif.
Sebagai alat hitung 
dalam komputer akan sangat mudah untuk menghitung angka-angka, yang menggunakan banyak  angkuntan. unggul dalam perhitungan kuantitas, rata-rata dan juga divisi.

Defenisi computer
Secra umum komputer dapat disimpulkan bahwa  merupakan alat elektronik yang dapat menerima input data, dapat mengolah data, dapat memberikan informasi, dapat menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored program), dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta dapat bekerja secara otomatis.
Definisi komputer secara luas adalah sistem pengolah informasi atau yang mengolah informasi. Ada juga pengertian yang lainnya tentang komputer yang dipakai selama bertahun-tahun, dan ada juga beberapa kata yang mengandung arti komputer. Sehingga dalam pengertiannya terdapat pula seperti jenis kalkulator mekanik mulai dariabakus dan seterusnya, slide rule dan semua komputer elektronik yang kontemporer. Jadi Komputer juga dapat diartikan sebagai “suatu perangkat elektronik atau sekumpulan perangkat elektronik yang bekerja secara otomatis, terintegrasi dan terkoordinasi yang dapat melakukan tugas-tugas tertentu (misalnya menerima, menyimpan, mengolah dan menyajikan Data), dikendalikan serta dikontrol oleh instruksi atau program yang tersimpan di dalamnya (mesin)”
Sejarah komponen computer
1.    Sejarah Komputer dan Perkembanngannya - Cikal Bakal Komputer
 Pernahkah Anda mendengar nama Charles Babbage? (1791-1871) Dia adalah seorang ahli
matematika Inggris yang dikenal sebagai ”Bapak Komputer”.
Profesor Babage merupakan orang pertama yang memperkenalkan prinsip-prinsip awal dari komputer digital yang bisa diprogram. Bisa dikatakan bahwa dia lah tokoh dibalik cerita sejarah komputer dan  perkembangannya. Cerita sejarah komputer dan perkembangannya pun dimulai. Pada awalnya, Babbage membuat sebuah mesin penyimpan program yang mampu melakukan penghitungan serta mencetak hasilnya secara otomatis. Mesin yang digerakkan oleh tenaga uap ini disebut difference engine atau mesin diferensial. Beberapa tahun kemudian, Babbage berhasil merancang mesin yang lebih canggih yang disebut mesin Analitik. Inilah rancangan komputer general-purpose pertama di dunia. Mesin ini memiliki sekitar 50.000 komponen. Adapun desain dasarnya menggunakan kartu-kartu  berlubang (perforasi) yang berisi instruksi-instruksi operasional. Mesin inilah yang mengawali cerita sejarah komputer dan perkembangannya. Berawal dari penemuan mesin yang digunakan hanya untuk menghitung, sejarah komputer dan perkembangannya pun terus berkembang. Penemuan Babbage telah menginspirasi  beberapa ilmuawan lain, salah satunya adalah Herman Hollerith. Herman Hollerith (1860-1929) terinspirasi untuk mengembangkan peralatan sejenis. Pada 1889, ia menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan pada mesin analitik yang dibuatnya. Selain efektif dan cepat dalam melakukan perhitungan, kartu  perforasi ini dapat digunakan sebagai media penyimpanan data.
   
2.    Sejarah Komputer dan Perkembangannya - Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
 Cerita mengenai sejarah komputer dan perkembangannya terus berlanjut. Kali ini komputer modern generasi pertama mulai dikembangkan pada masa berlangsungnya Perang Dunia ke-2 (1939-45). Komputer ini dirancang dengan menggunakan tabung vakum (tabung hampa udara) yang biasa digunakan untuk menguatkan sinyal listrik. Tampilan fisik komputer generasi pertama ini sangat besar, ukurannya bisa sebesar rumah dan harganya bisa semahal kapal perang. Sebuah benda yang memiliki dan menjadi tokoh utama dalam perjalanan cerita sejarah komputer dan perkembangannya. Walaupun demikian, sistem komputansi yang dijalankannya tidak secepat dan seefektif komputer yang ada sekarang. Komputer dengan mainframe yang lebih kuat mulai dikembangkan pada 1950-an dan 1960-an. Akan tetapi, penggunaannya masih membutuhkan ruangan besar dan energi listrik yang besar.

3.    Sejarah Komputer dan Perkembangannya - Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
 Pada era ini, sejarah komputer dan perkembangannya mulai menemukan titik terang. Penemuan transistor komponen elektronik yang berfungsi sebagai penguat, pemotong, dan  pembagi arus listrik 
 pada 1948, telah membawa perubahan drastis pada perkembangan teknologi komputer. Ukuran transistor yang relatif kecil, yaitu hanya sebesar biji kacang, telah menjadikan perangkat elektronik yang menggunakannya menjadi lebih kecil pula. Itulah mengapa, komputer generasi kedua lebih kecil, lebih cepat, dan lebih hemat energi. Stretch dan IBM 1401 adalah contoh komputer generasi kedua yang telah menggunakan transistor.
4.    Sejarah Komputer dan Perkembangannya - Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
 Perjalanan cerita sejarah komputer dan perkembangannya terus berlanjut. Kali ini penemuan  berlanjut pada tahun 1958. Jack Kilby, berhasil mengatasi kelemahan sistem transistor dengan mengembangkan sirkuit terpadu (integrated circuit


Tidak ada komentar:

Posting Komentar